Jumat, 09 Maret 2012

Contoh Laporan Observasi di SMA Negeri 1 Kartasura

Laporan Observasi (LO) sengaja saya publikasikan karena sebagian mahasiswa yang melakukan penelitian observasi untuk membuat laporan ketika Program Pengalaman Lapangan (PPL) masih ada yang bingung atau mengalami kesalahan. Sebenarnya untuk format penulisan LO pada tiap-tiap universitas pada hakikatnya sama, walaupun sebagian ada berbedaan.
Untuk mempermudah pembuatan LO, saya publikasikan LO saya untuk memberi gambaran dan susunan maupun bahasan yang harus dilaporkan. Untuk bentuk LO secara utuh, silakan DOWNLOAD LAPORAN OBSERVASI di sini. (password rar: aurigamaulana.blogspot.com)


Berikut gambaran sekilas mengenai Laporan Observasi, silakan menikmati.





 

LAPORAN OBSERVASI
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KARTASURA 
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
                                                            




Disusun untuk Melengkapi Tugas-tugas dan
Memenuhi Syarat-syarat guna Menempuh Ujian
Program Pengalaman Lapangan
Di SMA Negeri 1 Kartasura






Oleh:
AURIGA MAULANA KHASAN
1207010




PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Program Pengalaman Lapangan
         Pesatnya Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini juga harus  diimbangi dengan pesatnya pendidikan dinegara kita. Kita harus menghadapi hal itu dengan rasa optimis. Sebagai mahasiswa,khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS) harus mempersiapkan diri sehingga akan mampu mengatasi dan mensucikan diri dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi.
         Tingkat keterlibatan intelektual dan emosional dalam proses belajar mengajar sangat mempengaruhi kualiatas hasil belajar mahasiswa, sehingga sebagai seorang mahasiswa FKIP, kita tidak hanya dibekali dengan pengetahuan secara teoritis saja, tetapi juga dengan pengetahuan lapangan.Untuk itu mahasiswa FKIP UNS diwajibkan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
         PPL dalam rangka praktek kependidikan merupakan kegiatan yang dimulai dengan pengenalan medan,pembentukkan ketrampilan secara terbatas dan mengajar sesungguhnya,baik secara superviced teaching (diawasi) maupun full responsibility teaching (sepenuhnya berdiri sendiri).


B. Pengertian Program Pengalaman Lapangan
Program Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan kurikuler yang merupakan kaliminasi dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di LPTK, maka PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang professional. Dengan demikian PPL adalah suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.


C. Tujuan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
         Tujuan diadakan dan dilaksanakannya Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk membentuk calon guru tenaga pendidik yang profesional melalui kegiatan atau praktek langsung pelatihan disekolah sehingga mahasiswa calon guru dapat:
1.    Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akadernik dan sosial psikologis sekolah tempat pelatihan prajabatan berlangsung.
2.    Mengusai berbagai keterampilan dasar mengajar.
3.    Menerapkan berbagai kemampuan professional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
4.    Mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sekolah.
5.   Menarik kesimpulan nilai edukatif dan penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi dan menuangkan hasil refleksi itu dalam bentuk laporan.


D. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dari Program Pengalaman Lapangan adalah membentuk pribadi calon guru yang memiliki seperangkat pengetahuan,ketrampilan,nilai,sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya  didalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di masyarakat,sekolah maupun diluar sekolahMengkaji dan mengembangkan praktek keguruan dan kependidikan ,memantapkan kemitraan FKIP-UNS dan sekolah/lembaga pendidikan.


E. Bobot dan Pelaksanaan
Program Pengalaman Lapangan (PPL) atau Praktek Kependidikan merupakan bagian integral dari keseluruhan kurikulum pendidikan guru berdasarkan kompetensi yang diberi bobot 3 SKS. Sementara itu pelaksanaan PPL dibagi dalam 3 tahap, yaitu tahap observasi, tahap partisipasi, dan tahap ujian.
1. Tahap Observasi
Observasi  merupakan tahap awal dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) mampu memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang keseluruhan sistem pendidikan dan pengajaran yang akan menunjang keberhasilan belajar dan mengajar. Tahap observasi meliputi observasi kelas, observasi sekolah, observasi guru mengajar, observasi kegiatan pembelajaran, observasi administrasi sekolah serta observasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler sekolah tempat PPL dilaksanakan. Waktu pelaksanaan observasi dimulai tanggal 2 Agustus 2010 sampai dengan selesai. Metode observasi yang digunakan antara lain :
a) Ceramah
   Data yang diperoleh dari hasil ceramah/keterangan yang diberikan oleh staf yang ditunjuk dari sekolah.
b)  Documentary Research
     Data yang diperoleh berdasarkan dokumentasi yang tersedia di sekolah.
c)  Interview
     Data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
2. Tahap Partisipasi
Tahap ini meliputi latihan mengajar dan latihan melaksanakan tugas pendidikan Yakni suatu tahap dimana praktikan berperan aktif melaksanakan praktik yang terdiri dari praktik mengajar dan praktik kependidikan non mengajar.
a.    Praktik Mengajar
Praktik mengajar meliputi latihan mengajar terbimbing dan latihan mengajar mandiri yang dilaksanakan sebanyak beberapa kali dengan diselingi diskusi, supervisi dan evaluasi sampai praktikan dianggap siap untuk ujian. Setelah melaksanakan latihan, mahasiswa akan mendapat supervisi klinis dari guru pamong atau dosen pembimbing untuk menunjukkan kekurangan dan hal yang sudah baik selama latihan, kemudian diberikan pengarahan agar penampilan berikutnya menjadi lebih baik.
b.    Tugas Nonmengajar
Tugas nonmengajar yaitu melaksanakan kegiatan yang menunjang aktivitas kependidikan secara keseluruhan, meliputi:
1)   melaksanakan tugas sebagai guru piket
2)   ikut serta mengawasi ujian/ulangan harian mengikuti kegiatan upacara di sekolah
3. Tahap Ujian Praktik Mengajar
Setelah praktikan dirasa cukup siap dan latihan sudah dianggap baik oleh guru pamong dan dosen pembimbing, maka tahap ketiga adalah pelaksanaan ujian praktek mengajar. Proses ujian ini sama dengan praktik mengajar. Hanya saja pada ujian mengajar, mahasiswa tidak dapat memperoleh bimbingan atau supervisi. Yang berhak menguji adalah dosen pembimbing dan guru pamong. Apabila salah satu berhalangan hadir, maka kewenangan ada pada koordinasi dosen pembimbingan dan kepala sekolah.


F. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang diperlukan untuk dapat memandu pelaksanaan operasional adalah:
1. Menjelaskan pengertian, tujuan, serta Program Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri
2. Memberikan uraian tata cara penilaiannya
3. Menjelaskan tata laksana pelaksanaannya
4. Menjelaskan mekanisme penyelenggaraannya
5. Menyediakan format-format yang diperlukan berikut penjelasannya


G. Tempat dan Waktu
Program Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kartasura pada tahun ajaran 2010/2011 selama 3 bulan (sekitar 12 minggu) terhitung mulai penyerahan mahasiswa PPL (2 Agustus 2010)  sampai waktu penarikan kembali ke universitas (3 Desember 2010).


H. Daftar Mahasiswa PPL SMA Negeri 1 Kartasura
Jumlah mahasiswa praktikan yang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Kartasura sebanyak 30 mahasiswa, yang terdiri dari berbagai program studi di Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Berikut nama mahasiswa PPL SMA N 1 Kartasura tahun 2010/2011.


































No.
Nama Mahasiswa
Program Studi
1
Auriga Maulana Khasan
Pend. Bahasa Indonesia
2
Khusnaini Prihananto
Pend. Bahasa Indonesia
3
Puspitaningtyas Natalia
Pend. Bahasa Indonesia
4
Istiqomah
Pend. Kimia
5
Arika Mulya Agus
Pend. Kimia
6
Magdalena Dewi S
Pend. Kimia
7
Imtihani Nah
Pend. Kimia
8
Anniversary Hamidah
Pend. Bahasa Inggris
9
Rendra Prasetya Wijaya
Pend. Bahasa Inggris
10
Endang Sri Lestari
Pend. Bahasa Inggris
11
Untung Gunawan
Pend. Geografi
12
Nurul Deni Kistiyah
Pend. Geografi
13
Dwi Silvawati
Pend. Geografi
14
Roga Dayu R.
Pend. Matematika
15
Rudi Anshori
Pend. Matematika
16
Rima Nurvilia Sari
Pend. Matematika
17
Adi Kurniawan
Pend. Akuntansi
18
Arni W
Pend. Akuntansi
19
Dwi Anjani
Pend. Akuntansi
20
Danik Wahyuningsih
Pend. Biologi
21
Alyuni Wulantika S.
Pend. Biologi
22
Fatih Ngaisah W.
Pend. Biologi
23
Ayu Prasetyaningrum
Pend. Fisika
24
Andi Desi Y. M
Pend. Fisika
25
Wulan Yunita
Pend. Fisika
26
Arif Aulia Rachman
Pend. Olah Raga
27
Budi Wijaya
Pend. Olah Raga
28
Widya Purnama
Pend. Olah Raga
29
Harjanto
Pend. Olah Raga
30
Wahyu Diana Putra
Pend. Olah Raga
 
Untuk download lebih lengkap (Pendahuluan - Bab I - Bab II - Bab III - Bab IV - Bab V - Bab VI), silakan DOWNLOAD LAPORAN OBSERVASI di sini. 





--PENTING --
Password rar: aurigamaulana.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.