Selasa, 01 Mei 2012

Bahaya Memelihara Kucing

Bahaya Memelihara Kucing | Kebanyakan orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaannya. Selain untuk membasmi tikus di rumah, juga karena tertarik akan kelucuannya tingkah lakunya. Tetapi sayangnya, di balik kelucuannya, kucing ternyata dapat menularkan penyakit berbahaya pada tubuh kita. Yang akhirnya berdampak pada kemandulan terutama pada kaum perempuan. 

Toxoplasma adalah sejenis parasit yang hidup di usus kucing. Maka parasit ini akan menjadi penyakit dan menular melalui kotoran kucing. Biasanya kotoran kucing berceceran di lantai rumah. Selain itu, parasit ini juga dapat melekat pada bulu kucing. Nah ini yang harus di waspadai. parasit ini juga dapat tumbuh dan hidup di dalam tubuh manusia sehingga dapat mengakibatkan kemandulan pada kaum perempuan.

Toxoplasma juga dapat menyerang wanita hamil, sehingga anak yang kelak di lahirkan berpotensi cacat atau meninggal. Sebetulnya bukan hanya kucing yang dapat membawa parasit ini. Sapi, kambing, kerbau, anjing dan lainnya juga bisa, tetapi tidak separah kucing. 

Langkah-langkah untuk mewaspadai penyakit ini :

Jagalah kebersihan kucing
jagalah kebersihan tubuh kucing anda, terutama kotoran kotoran tidak di buang sembarangan.

Beri vaksin
bawalah kucing sesekali ke dokter hewan agar di beri vaksin dan terhindar dari parasit ini.

Jaga kekebalan tubuh anda.
Tentunya penyakit ini tidak berdampak buruk pada tubuh yang kebal. Walaupun terinfeksi, penyakit tidak akan berkembang pada tubuh anda.

Hindari kontak dengan kucing.
Jangan terlalu sering mengendong kucing,apalagi yang sering berkeliaran di luar rumah. Kucing selalu menjilati majikannya, Biasanya kucing memakan tikus, ikan busuk, dan sampah sampah sehingga kuman tetap berada pada lidah dan mulutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.