Minggu, 20 Mei 2012

Chelsea Juara Liga Champions

Chelsea Juara Liga Champions

Chelsea Juara Liga Champions, Kota London, sebagai ibukota Inggris, sebelumnya tak memiliki klub yang bisa menjuarai Piala Champions/Liga Champions. Chelsea baru saja menjadi yang pertama.

Sebelum final musim ini, seperti dicatat Reuters, baru ada lima ibukota sebuah negara yang memiliki tim pemenang di Liga Champions atau format lamanya, Piala Champions; Madrid, Amsterdam, Lisbon, Bukares, dan Belgrade.

Kota London akhirnya resmi menjadi ibukota sebuah negara yang memiliki tim pemenang seiring dengan keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions.

Chelsea berhasil merebut gelar juara Liga Champions untuk yang pertama kali. Di Stadion Fussball Arena, The Blues berhasil mengalahkan tuan rumah Bayern Muenchen melalui adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Bermain di Fussball Arena, Muenchen terus menekan sejak menit awal. Sementara Chelsea lebih banyak bertahan dan hanya sesekali mengandalkan serangan balik.

Muenchen bertubi-tubi menyerang pertahanan Chelsea. Sejumlah peluang pun berhasil membuat bek The Blues kocar-kacir. Muenchen yang terus menekan seharusnya sudah bisa mencetak gol di menit ke-36 ketika bola tendangan volinya masih tipis di kandang gawang Chelsea.

Meski bermain bertahan, The Blues sendiri memiliki kesempatan emas di menit 38 lewat tendangan Solomon Kalou. Sayang, bola hasil tembakannya masih mampu dikendalikan kiper Manuel Neuer.

Statistik pertandingan di babak pertama mendukung peluang Muenchen untuk meraih trofi. Namun, skor kacamata tak berubah.

Di babak kedua, Muenchen tidak mengendurkan serangan. Namun, Muenchen baru menghasilkan gol di menit 83 saat bola sundulan Thomas Mueller dari dalam kotak penalti gagal dihadang Peter Cech.

Keunggulan Muenchen membuat Chelsea ketar-ketir. Beruntung, Chelsea memiliki penyerang handal macam Didier Drogba yang mampu memanfaatkan bola sepak pojok Juan Mata untuk menyamakan skor di menit 89. Skor berakhir imbang 1-1 dan harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Di masa perpanjangan waktu, Muenchen masih terus menyerang Lampard dkk. Mereka pun menuai hasil kala Didier Drogba menjatuhkan Franck Ribery di kotak penalti.

Hadiah penalti dari wasit diambil gelandang asal Belanda Arjen Robben. Sayang, bola tendangan mantan pemain Chelsea itu masih mampu dihadang kompatriot di bekas klubnya itu, Petr Cech.

Kegagalan ini membuat skor tidak berubah. Pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, Muenchen hanya mampu menjebol gawang Chelsea melalui Phillip Lahm, Mario Gomez, dan kiper Manuel Neuer. Sedangkan penalti Ivica Olic dan Bastian Schwensteiger gagal.

Sedangkan dari lima penendang penalti Chelsea, hanya Juan Mata yang gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan David Luiz, Frank Lampard, Ashley Cole, dan Didier Drogba sukses menjalankan tugasnya masing-masing.

Trofi Piala Champions/Liga Champions yang Dimenangi Ibukota Sebuah Negara Eropa

9 - Madrid (1956, 1957, 1958, 1959, 1960, 1966, 1998, 2000, 2002)

4 - Amsterdam (1971, 1972, 1973, 1995)

2 - Lisbon (1961, 1962)

1 - Bucharest (1986)

1 - Belgrade (1991)

1 - London (2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.