Minggu, 13 Mei 2012

Ketahuilah Poin Penting dalam Memantapkan Pilihan Karir Anda

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/05/ketahuilah-poin-penting-dalam.html

Setiap orang tentu mengharapkan karir yang baik dengan kehidupan yang mapan. Namun ternyata, masih banyak lulusan perguruan tinggi yang belum tahu harus melakukan apa atau bekerja apa setelah lulus. Padahal sebenarnya, pilihan karir terbuka lebar.

Debora Patrawidjaja, Human Capital Management Trainee PT Astra International. Debora sendiri saat ini sedang menjalankan proyek di Daihatsu Sales Corporation mengatakan, segala sesuatu yang akan dilakukan seseorang harus dimulai dengan menentukan pilihan. Selanjutnya, perencanaan memegang peranan penting. Debora menganalogikannya dengan pengendara kapal yang memerlukan peta dan kompas. “Hidup harus ada petanya, untuk mengetahui bagaimana bisa sampai ke tujuan. Begitu juga dengan kompas, untuk mengetahui apakah jalan yang ditempuh benar,” terangnya.

Begitu juga dalam memilih pekerjaan. Pencari kerja harus mempertimbangkan beberapa hal untuk memantapkan pilihan pekerjaan. Hal-hal yang harus dipertimbangkan antara lain bakat (talent), minat (passion), kebutuhan masyarakat atau lingkungan (need), dan hati nurani (conscience). Misalnya seseorang yang memiliki bakat berjualan, ia bisa mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan di bidang penjualan.

Tak hanya itu, seseorang juga harus mempunyai visi dan kedisiplinan. Visi merupakan penggabungan antara kebutuhan di masyarakat dengan kemungkinan untuk memenuhinya. Sedangkan disiplin akan menjadi jembatan antara mimpi dengan kenyataan. “Disiplin itu memang tidak enak. Tapi untuk sukses kita harus disiplin,” ujar Debora.

Debora menambahkan bahwa kedisiplinan dapat muncul ketika visi digabungkan dengan komitmen. Selain itu, passion juga perlu ditumbuhkan untuk mempertahankan kedisiplinan.
 
Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk rekan-rekan sekalian!

Tim LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.