Kamis, 31 Mei 2012

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal | Daftar Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal | Macam-Macam Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal - Apa kabar teman-teman blogger di Indonesia? Kita berjumpa lagi dalam artikel kesehatan bersama sekayu agency. Pada artikel kali ini, sekayu agency akan membahas beberapa penyakit yang berhubungan dengan kelainan fungsi organ ginjal. Ginjal adalah organ tubuh manusia yang terletak di dorsal kiri dan kanan tulang belakang di daerah pinggang. Rongga ginjal dihubungkan oleh ureter ke kandung kencing yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara urine sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Fungi ginjal bagi kesehatan manusia adalah sebagai salah satu alat ekskresi (pengeluaran sisa-sisa metabolisme) yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Selain itu, ginjal berguna untuk mempertahankan cairan ekstraseluler dengan jalan mengeluarkan air yang berlebihan. Ginjal manusia juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh.

Ginjal terdiri dari bagian kiri dan kanan dan dapat bekerja optimal bila keduanya berfungsi sebagaimana mestinya. Namun terdapat beberapa kasus yang menyebabkan organ ginjal tidak dapat berfungsi secara baik. Penyakit yang disebabkan oleh kelainan fungsi ginjal antara lain:


1. Penyakit Nefritis

Menurut Wikipedia, nefritis adalah gangguan pada nefron yang disebabkan karena infeksi kuman. Gangguan fungsi ginjal ini dapat menyebabkan penyakit uremia, yaitu bertambahnya ureum yang masuk dalam darah sehingga melebihi kadar normalnya. Masuknya ureum dalam darah tersebut menyebabkan terganggunya penyerapan air sehingga air akan tertimbun di kaki atau organ tubuh lain.
2. Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes Melitus disebut juga sebagai penyakit kencing manis atau sakit gula. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah yang disebabkan oleh kekurangan insulin. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen (gula otot). Kelebihan glukosa dalam darah tersebut akhirnya dikeluarkan melalui air kencing. Maka tidak mengherankan bila air kencing penderita diabetes melitus akan segera dihampiri sekawanan semut bila tidak lekas disiram.
3. Penyakit Batu Ginjal

Satu lagi penyakit yang disebabkan oleh kelainan fungsi organ ginjal, yaitu batu ginjal. Penyakit ini terjadi kepada manusia yang sering menahan kencing. Kurang konsumsi air minum juga bisa menyebabkan penyakit batu ginjal karena sisa-sisa zat metabolisme tubuh akan bertumpuk menjadi batu di dalam sistem pengeluaran air kencing. Penderita batu ginjal akan merasa kesakitan saat buang air kecil karena saluran kencing mereka terhambat.

Kita dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit akibat kelainan fungsi organ ginjal dengan cara meminum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Ahli kesehatan menyarankan manusia dewasa minum air putih minimal 6 gelas per hari sehingga sistem pengeluaran tubuh dapat berfungsi dengan baik. Semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda. Ayo kita cegah datangnya penyakit dengan bergaya hidup sehat sejak kini!

Sumber : http://ridwanaz.com/kesehatan/daftar-penyakit-yang-disebabkan-oleh-kelainan-fungsi-organ-ginjal/

Pebri Prawito Rating: 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.